Senin, 14 Februari 2011

HELM STANDAR

Helm adalah sebuah sarana pelindung bagi kita para pengendara sepeda motor. Bentuknya yang tidak begitu besar tetapi sangat besar manfaatnya bagi kita.

p_helmet_tttattoosil_blklge3

Saya akan mencoba menceriterakan pengalaman pribadi…

Beberapa hari yang lalu, saat itu pagi hari dimana saya dalam perjalanan menuju ke kantor, dengan lintasan rute saya bekerja adalah Jalan raya lintas Jogjakarta – Magelang. Tepatnya di daerah Blabak, Magelang. Dengan mengendarai sepeda motor dari arah jogja dalam perjalanan di jalan raya, tepat di depan saya ada 2 (dua) sepeda motor, sebagai contoh saya namakan sepeda motor A dan B. Ringkas cerita, tepat di perempatan blabak sepeda motor A ingin melaju mendahului sebuah truk dengan menambah kecepatan, demikian juga sepeda motor B ikut menambah kecepatan. Tatapi sang pengendara sepeda motor A ragu-ragu karena ada kendaraan melaju dari arah berlawanan, sehingga kecepatan dikurangi secaa mendadak.

Dan disinilah awal terjadinya kecelakaan dimana ban depan sepeda motor B menempel di ban belakang (sebelah kanan) sepeda motor A. Hal ini menyebabkan sepeda motor B kehilangan kontrol dan keseimbangan, dan terjatuh. Saya persis di belakang sepeda motor B , dengan mendadak saya menghentikan laju sepeda motor saya. Kemudian yang saya lihat adalah pengendara sepeda motor A melarikan diri dan pengendara sepeda motor B terjatuh tepat pada saat itu saya melihat pengendara kepala sampai terantuk aspal jalan, tapi karena pengendara sepeda motor B menggunakan alat pengaman yang dinamakan Helm saat itu, maka pengendara tersebut selamat, bahkan sehari setelah kejadian tersebut saya kembali melihat pengendara sepeda motor B tersebut, berangkat melaksanakan aktivitas hariannya.

Hikmah dari peristiwa ini bukan masalah polisi tetapi tentang betapa pentingnya helm standar bagi pengendara sepeda motor. Kepala pengendara sepeda motor B tersebut mungkin akan mengalami luka berat seandainya hanya memakai helm biasa, ataupun helm standar yang “tidak standar bahkan lebih parah lagi bila tidak mengenakan helm”.

Sampai saat ini, masih banyak orang yang menggunakan helm standar hanya sebatas karena takut ditilang oleh polisi. Bahkan beberapa tahun lampau, kewajiban pemakaian helm standar di Indonesia sempat ditentang oleh masyarakat karena dianggap sebagai kebijakan yang dibuat-buat dan dipenuhi oleh praktek-praktek KKN (Kolusi Korupsi dan Nepotisme).

Padahal tingkat kecelakaan sepeda motor di negara ini sangat tinggi karena ketidakdisiplinan pengguna jalan itu sendiri. Apalagi setiap tahunnya terjadi pertambahan jumlah pengendara sepeda motor seiring dengan pertambahan penduduk dan semakin terjangkaunya harga sepeda motor sehingga jalanan semakin padat.

Helm 3/4 dijadikan sebagai helm standar minimal untuk keselamatan bagi pengendara sepeda motor biasa. Sedangkan helm Full Face menjadi helm standar untuk olah raga balap motor.

Harga kedua jenis helm standar jauh lebih mahal dibandingkan helm ciduk. Namun saat ini banyak juga helm standar yang harganya terjangkau, meskipun kualitasnya “tidak standar”.

Beberapa pertimbangan saya membeli helm standar :

– Harga helm tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Helm yang terlalu murah terkadang kualitasnya kurang baik, tapi jika memilih helm yang terlalu mahal takut hilang.

- Kualitas Penampakan Luar dan Dalam
Helm yang kuat akan terlihat dari penampakan luarnya yang rapi, terlihat kokoh, tidak ada retakan dan agak sedikit berat. Begitu juga bagian dalamnya akan terasa tebal. Berbeda dengan helm yang tidak standar, biasanya lebih ringan, dan lapisan dalamnya tipis. Sebaiknya kita tidak terlalu percaya dengan stiker logo SNI (Standar Nasional Indonesia) yang tertempel pada helm.

- Kenyamanan Ukuran Helm
Ukuran helm yang tidak sesuai akan mengorbankan kenyamanan dan keselamatan pemakainya. Helm yang sempit akan membuat tidak nyaman, sedangkan helm yang longgar akan mudah terlepas dan tidak mampu melindungi kepala secara optimal. Oleh karena itu saya tidak sungkan-sungkan mencoba semua ukuran untuk mengetahui mana yang paling nyaman.

Beberapa pengalaman saya yang lalu dan juga yang kemarin ini menunjukkan bahwa helm standar tidak saja berfungsi sebagai pengaman kepala dari benturan. Beberapa fungsi helm standar lainnya, yaitu :

- Melindungi kepala dari panasnya matahari /dinginnya udara malam.
- Melindungi mata dari serangga-serangga di jalanan.
- Melindungi kepala dari kerikil/ pasir yang terlempar di jalanan.

Nah, Anda pengendara sepeda motor? Sebaiknya mulai membiasakan diri memakai helm standar walaupun hanya menempuh perjalanan dekat. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di jalanan. Jadi lebih baik mempersiapkan diri ketika akan memasuki jalanan yang kian padat dan semrawut ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar