Sabtu, 19 Februari 2011

shock belakang

Waduuuhhh Gue kurang begitu paham mengenai shock belakang yang paling cocok buat King apalagi Harganya, Tapi menurut gue shock belakang Rx-King standar dari pabrikan kayanya udah cukup pas lah buat si Raja. Tapi kalo ada yang pengen ganti shock belakangnya karena rusak ato udah mati ato pengen coba yang model laen kali aja bisa lebih enak , ini ada sedikiiit aja info tentang shockbreaker.

Ada beberapa fungsi ato karakter shockbreaker yang dipasang dimotor tergantung jenis motor tsb fungsi utamanya sebagai kendaraan niaga, touring ato sport. Jadi kita harus kenali dulu agar kita mendapat apa yg kita mau...

Ada banyak model dan merk shock dipasaran yang bisa diaplikasikan dengan baik untuk si Raja, ada yang menggunakan minyak, angin maupun Hidrogen. Pengunaan Hidrogen sangat banyak digunakan untuk motor2 sport pada saat ini, apalagi untuk motor2 balap. Sebab kerja shock dalam meredam getaran akan menimbukan panas padahal seorang pembalap dapat melakukan manuver rebah kekanan dan kekiri sampai ratusan kali. Kalo suhu dalam tabung sudah meningkat maka kerja shock akan menurun drastis, makanya digunakan hidrogen yg terbukti dapat meredam panas dan lebih stabil. Tapi bukan berarti shock yang menggunakan minyak dan angin tidak bagus.

liat spring ato per yang ada di shock tersebut, kalo jumlah per-nya banyaaakk banget itu sangat cocok untuk kenyamanan karena akan memberikan efek dumper ato rebound yg halus, ada juga yang per-nya agak sedikit tapi agak besar itu sangat cocok untuk kendaraan sport karena cenderung lebih stabil.


Rasakan dumper ato rebound pada shock tsb dengan cara kita tekan dengan keras dan cepat, perhatikan efek tendangan baliknya kalo ada efek menahan tendangan balik ato baliknya lebih lambat itu berarti shocknya bekerja dengan baik. Kalo udah diaplikasikan di motor, perhatikan tingkat rebound dan seberapa jauh amblesnya shock dan kembali ke posisi normal pada saat melewati jalan bergelombang ato polisi tidur. Shock yang baik akan menjaga kestabilan motor, tapi kalo efek reboundnya kurang enak jangan mengklaim shock tsb jelek dulu, mungkin setelan default dari shock tsb belum pas, cobalah di stel dulu.



Perhatikan bagian bawah shock, bagian ini harus terlihat kuat dan harus sangat rapi terutama kalo ada karet ato sealnya karena Fungsi utama dari bagian bawah shock adalah sebagai dumper reducer pertama sebelum spring mengangkat dan diteruskan peredaman kejut ditabung shock. Dan Sangat tidak dianjurkan sekali kalo menambahkan anting2 shock baik untuk menambah tinggi posisi ato sekedar untuk gaya dll, Karena fungsi kerja shock akan terganggu disebakan dumper reducer pertama akan lebih lambat ato lebih cepat ato sama sekali gak berfungsi karenanya.



Perhatikan juga bos dan karet2 pada shock harus dapat terpasang dengan pas dan kuat di raja kita sebab biarpun shock tersebut shock bagus tetap akan goyang kalo karet dan bosnya ngga ngepas di Raja kita.

Kalo kita juga merubah bagian kaki2 dalam mengaplikasikan shock, perhatikan juga posisi jarak sumbu antara roda depan dan belakang, semakin dekat jarak sumbu motor maka gerakan manuver motor akan sangat lincah dalam melahap tikungan tapi akan kurang begitu stabil pada kecepatan tinggi dan motor pun akan sangat mudah standing pada saat kita bejek gas apalagi Rasio gigi 1 dan 2 raja standar pendek-pendek (sengaja dibuat seperti itu karena Rx-King terkenal sbg raja jalanan baik Raja jalan datar maupun Raja ditanjakan). Dan kebalikannya bila sumbunya jauh, motor sangat stabil pada trek lurus panjang tapi agak kurang lincah dalam melahap tikungan tajam.
Posisi kemiringan shock juga patut diperhatikan posisi yg cenderung tegak sangat cocok untuk kendaraan niaga, sedangkan posisi yang cenderung miring akan sangat cocok untuk kendaraan touring dan sport.
Posisi ass roda belakang dan shock bag bawah juga pengaruhnya sangat besar. Kalo motor raja lo mao ganas dalam melahap tikungan2 tajam, posisi ass roda harus dibelakang dari posisi baut shock bag bawah.

Tapi hal tersebut diatas nggak mutlak bila diaplikasikan dimotor karena perkembangan teknologi memicu banyak bermunculan shock breaker dipasaran baik yang kualitas sangat baik maupun yang sama sekali ngga berkualitas yang tidak jarang membuat bingung konsumen karena barang jadi ngga jelas baik dari bentuk fisik dan fungsi jadi kita harus benar-benar jeli dalam memilih dan memilahnya.

Wah gitu kali yeh ... mudah2an dapet yang lo pada mao waktu beli shock ... hehhehe

1 komentar:

  1. Om ane beli shock yss dpake ke trial enak (empuk),,tapi pas dpake ke ninja shock'nya jadi keras,,mohon pencerahannya om

    BalasHapus